Hitung-hitungan Siapa Juara Liga Inggris Jika Poin Sama, Arsenal atau Manchester City?

- 13 Mei 2024, 16:53 WIB
Logo Liga Premier Inggris
Logo Liga Premier Inggris /

KABARMEGAPOLITAN.com – Perebutan gelar Liga Inggris musim 2023/24 punya potensi untuk menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah Liga Premier.  Sangat jarang bagi dua tim untuk tetap menjadi kontestan kuat untuk mengangkat trofi prestisius ini pada bulan Mei, tetapi itulah yang terjadi saat ini dengan Manchester City dan Arsenal yang bersaing untuk dinobatkan sebagai tim terbaik sepakbola Inggris. Kedua tim ini bisa bertukar posisi berdasarkan satu hasil pertandingan. Dengan persaingan gelar yang semakin kompetitif, mari kita lihat lebih dekat apa yang akan terjadi jika salah satu tim berhasil menyelesaikan musim dengan jumlah poin yang sama.

Baca Juga: Kalah dari Arsenal, Erik ten Hag Kritik Kesalahan Casemiro 

Faktor Penentu jika Tim-tim Sama Kuat dalam Jumlah Poin

Selisih Gol: Menurut peraturan dan regulasi Premier League, langkah pertama adalah selisih gol. Tim mana pun yang memiliki perbedaan besar antara jumlah gol yang dicetak dan jumlah gol yang kebobolan akan dinobatkan sebagai pemenang liga Inggris. Pada saat ini, tidak ada perbedaan besar antara tim-tim dalam hal ini, meskipun Arsenal telah signifikan meningkatkan selisih gol mereka dalam beberapa minggu terakhir. Kemenangan besar melawan Crystal Palace, West Ham, Burnley, dan Sheffield United telah mendorong klub asal London utara ini ke atas, meskipun dan Manchester City masih berada dalam jarak yang dekat dalam metrik ini. Ini berarti bahwa Arsenal bisa berada dalam posisi terbaik jika semua pesaing gelar berakhir musim dengan jumlah poin yang sama di papan skor.

Baca Juga: Donny van de Beek Disebut akan Pindah dari Manchester United, Kesini Tujuannya Gaes! 

Gol yang Dicetak: Jika tim-tim masih berada pada posisi yang sama dalam hal poin dan selisih gol, langkah selanjutnya menuju kesuksesan adalah melalui jumlah gol yang dicetak.  Sekali lagi, tim Arsenal yang ganas di bawah arahan Arteta memimpin, meskipun tim-tim lainnya tidak jauh dari jarak tersebut. Dengan Manchester City yang memiliki talenta menyerang yang luar biasa - termasuk Erling Haaland, dan Kevin De Bruyne, jarak ini bisa dipersingkat dalam sekejap mata. Jika, dengan keajaiban, satu atau dua tim di puncak klasemen memiliki jumlah gol yang sama, ada langkah-langkah lain yang ditempuh untuk menentukan pemenang Premier League.

Baca Juga: Ini Pernyataan Luis Diaz Terkait Masa Depannya di Liverpool 

Pertemuan Langsung:  City kalah 1-0 di Stadion Emirates setelah kebobolan gol deflected yang terjadi pada menit akhir yang dikreditkan kepada Gabriel Martinelli, sementara saat keduanya bertemu di Etihad, skor berakhir imbang. Arsenal memiliki dua kemenangan atas rival mereka dan dua kali imbang, yang sekali lagi menempatkan mereka di posisi terdepan.

Gol Tandang dalam Pertemuan Langsung: Hasil pertandingan harus memihak City dalam pertandingan melawan kedua tim lainnya agar ini bisa menjadi kemungkinan. City tidak mampu mencetak gol melawan pertahanan Arsenal yang kuat pada bulan Oktober 2023. Arsenal jelas tampak menjadi favorit jika mereka berhasil menyamakan poin dengan salah satu atau kedua rival mereka di puncak klasemen liga.

Baca Juga: Kai Havertz Mendadak Jadi Fans Tottenham! 

Halaman:

Editor: Yuliansyah

Sumber: Give Me Sport


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah