Formula E Jakarta Digelar Hari Ini Tanpa Sponsor BUMN, Ini Kata Erick Thohir

- 4 Juni 2022, 09:35 WIB
Formula E Jakarta Sabtu 4 Juni 2022
Formula E Jakarta Sabtu 4 Juni 2022 /Instagram/@formulaejakarta_/

KABARMEGAPOLITAN.com - Formula E sebagai ajang balapan mobil listrik internasional resmi akan digelar hari ini, Sabtu 4 Juni 2022 di Jakarta. Namun, pagelaran akbar itu tidak disponsori oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Formula E akan digelar hari ini di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Indonesia sebagai negara pelaksana Formula E pada tahun 2022, telah menjadi sorotan dunia. Terlebih, sebelumnya Indonesia telah menggelar ajang balapan motor internasional (MotoGP) di Sirkuit Mandalika pada 18 Maret s.d. 20 Maret 2022 secara sukses.

Euforia dari para penggemar balapan mobil ini tumbuh lebih kuat hari per harinya saat mendekati jadwal pelaksanaan balapan Formula E.

Baca Juga: Ikhlaskan Sepenuh Hati Kepergian Eril, Ridwan Kamil: Aku Titipkan Jasad Anak Kami Kepadamu

Namun, disayangkan tidak seperti pada pagelaran MotoGP Mandalika 2022, pada ajang balapan Formula E, BUMN tak sponsori.

Hal itu telah diungkapkan oleh Erick Thohir selaku Menteri BUMN pada Kamis malam, 2 Juni 2022 di Jakarta. Berikut adalah alasan yang beliau sampaikan terkait hal ini.

"Kita partisipasi di banyak tempat, ada G-20 ada juga beberapa event yang sudah ditugaskan," ungkapnya di Plaza Mandiri, Jakarta, pada Kamis, 2 Juni 2022.

Melansir dari situs resmi FIA (Federasi Otomotif Internasional), terdapat beberapa jenis sponsor Formula E yang dituliskan di sana. Diantaranya adalah ada sponsor utama, ada sponsor global, ada sponsor teknis, dan ada sponsor partner biasa.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini 4 Juni 2022 di Pulau Jawa: Yogyakarta, Surabaya Siang Cerah Berawan

Selain adanya sponsor global, terdapat juga berbagai sponsor dari tanah air yang mendukung ajang balapan mobil listrik internasional ini.

Walaupun BUMN tak sponsori Formula E, ajang balapan ini akan tetap dipastikan berlangsung hari ini di Jakarta Internasional E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara.

Ada 11 tim yang akan berlaga hari ini. Sebanyak 22 orang pembalap siap dikirimkan oleh 11 tim tersebut pada seri ke-8 balapan mobil listrik internasional (Formula E) yang berlangsung hari ini di Jakarta.

Ahmad Riza selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta telah menyampaikan sebelumnya, bahwa pelaksanaan Formula E merupakan wujud komitmen dari Pemerintah DKI Jakarta dalam mewujudkan komitmen langit biru di Ibukota Indonesia.

Baca Juga: Tanpa Pratama Arhan, Tokyo Verdy Berjuang Keluar dari Tren Buruk dan Hadapi Yokohama FC

Meski BUMN tak sponsori Formula E, Pemerintah DKI Jakarta telah menggandeng berbagai pihak lainnya untuk menyukseskan ajang balapan mobil listrik internasional ini, seperti salah satunya adalah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang akan terus menyampaikan pantuan cuaca selama pagelaran.***

Editor: Bunga Angeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x