Beli Saham Manchester United, Sir Jim Ratcliffe Malah Rugi!

- 7 Maret 2024, 12:45 WIB
Sir Jim Ratcliffe.
Sir Jim Ratcliffe. / Instagram/ @manchesterunited/

KABARMEGAPOLITAN.com - New co-owner Manchester United, Sir Jim Ratcliffe, telah kehilangan sekitar £1.5 miliar selama 12 bulan terakhir, menurut Bloomberg Billionaires Index terbaru.

Grup INEOS milik pengusaha Inggris ini memperoleh 25% saham di Setan Merah pada bulan Desember 2023, yang kemudian disetujui oleh Dewan Liga Premier pada bulan Februari 2024.

Pembelian tersebut menghabiskan sekitar £1.2 miliar, yang tanpa diragukan lagi telah memengaruhi kekayaannya saat ini dan menjelaskan mengapa ia telah kehilangan begitu banyak uang belakangan ini - investasi olahraga lainnya juga pasti turut berperan.

Menurut laporan indeks Bloomberg, Ratcliffe telah mencatat kerugian sebesar £1.52 miliar dalam kekayaannya selama setahun terakhir.

Akibatnya, ia turun delapan tempat dalam daftar (menjadi ke-110). Ini juga memungkinkan Stan Kroenke untuk melonjakinya, dengan pemilik Arsenal - yang nilainya tetap tidak berubah selama 12 bulan terakhir - naik ke peringkat ke-109.

Baca Juga: Manchester United Pantau Bintang Serie A, Gleison Bremer dan Nico Barella 

Ini membuat Kroenke menjadi pemilik klub Liga Premier terkaya.

Di atas itu, Kroenke Sports & Entertainment adalah kekaisaran olahraga terbesar di dunia dengan memiliki Los Angeles Rams, Colorado Avalanche, Denver Nuggets, Arsenal, Colorado Rapids, dan Colorado Mammoth - dengan konglomerat tersebut bernilai sekitar £12.42 miliar.

Ratcliffe jelas sedang berusaha untuk memperluas kekaisarannya - yang mencakup klub Ligue 1 Prancis OGC Nice dan klub Swiss Super League Lausanne-Sport, serta memiliki investasi di olahraga lain seperti lari, rugby, balap sepeda, berlayar, dan Formula Satu - tetapi pembeliannya atas Man United menunjukkan bahwa mungkin harus mundur satu langkah sebelum maju dua langkah ke depan, dalam arti finansial.

Meskipun jelas bahwa keuangan Ratcliffe mengalami pukulan besar, tampaknya ia tidak terlalu terganggu oleh semuanya.

Halaman:

Editor: Yuliansyah

Sumber: Givemesport


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah