Ingin Mengikuti Ajang Jakarta Marathon 2023? Berikut Tips Olahraga Lari Bagi Pelari Pemula

- 15 September 2023, 09:44 WIB
ilustrasi lari marathon
ilustrasi lari marathon /Foto by Miguel Amutio on Unsplash

 

 

KABARMEGAPOLITAN.COM - Kesadaran masyarakat untuk berolahraga semakin meningkat. Salah satu olahraga yang digemari saat ini adalah olahraga lari yang dikemas dalam ajang lari marathon. Perhelatan lari marathon di berbagai daerah mampu menyedot ratusan hingga ribuan peserta yang terbagi dalam beberapa kelas jarak. Salah satu ajang lari marathon yang ditunggu-tunggu adalah Jakarta Marathon 2023 yang akan digelar pada 22 Oktober 2023.

Banyak manfaat kesehatan dari olahraga lari. Namun, untuk berlari marathon, ada  tantangan fisik yang dihadapi oleh pelari sehingga perlu mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti program pelatihan yang terstruktur dengan baik sesuai dengan kondisi masing-masing individu. Menurut dr.Andi Kurniawan Sp.KO, mengikuti ajang lari untuk kategori half-marathon (21 km) ataupun marathon 42 km memerlukan persiapan fisik dan mental yang cukup.

Baca Juga: Horoskop Harian Virgo: Penuh Keberuntungan dan Pertebal Optimisme

“Mengikuti half-marathon (21km) atau marathon (42km) untuk pertama kalinya adalah tantangan yang mendebarkan namun sekaligus memerlukan persiapan fisik dan mental,” dr. Andi Kurniawan Sp.KO yang menjadi Medical Director pada ajang Jakarta Marathon 2023

Andi memaparkan, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh pelari untuk mengukur kesiapan dirinya. 

"Apakah anda benar-benar sehat dan fit untuk ambil bagian dalam event marathon ini ?" tanya dr. Andi. 

Menurutnya, pertanyaan ini adalah pertanyaan wajib yang perlu ditanyakan diri sendiri dan dijawab dengan jujur.

Halaman:

Editor: Bondan Kartiko Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah