Adaptasi Saat Debut Bersama Tokyo Verdy di Liga Jepang, Pratama Arhan Harus Puasa 15 Jam

- 2 April 2022, 12:50 WIB
Pratama Arhan debut di Liga Jepang.
Pratama Arhan debut di Liga Jepang. /IG Pratama Arhan
 
KABARMEGAPOLITAN.com - Pratama Arhan harus melaksanakan puasa Ramadhan 2022 saat menjalani debut kariernya bersama Tokyo Verdy di J2 League 2022 Liga Jepang.
 
Pratama Arhan saat ini sudah bergabung dengan skuat klub barunya, Tokyo Verdy. Dia juga sudah mulai menjalani latihan sejak dua pekan terakhir.
 
Namun, bek kiri andalan Timnas Indonesia itu masih belum mendapatkan debut di laga resmi dalam dua laga tandang terakhir Tokyo Verdy di J2 League 2022.
 
Informasi yang beredar menyebut pihak klub ingin Pratama Arhan fokus dulu menjalani adaptasi dengan rekan-rekan baru dan lingkungan baru di Tokyo.
 
 
Kemungkinan besar, dia baru akan masuk dalam skuat pertandingan ketika Tokyo Verdy menjamu Oita Trinita dalam pekan delapan, Minggu 3 April 2022.
 
Apalagi, pertandingan tersebut bertepatan dengan jadwal laga kandang di hadapan pendukung sendiri di markas Tokyo Verdy, Ajinomoto Stadium.
 
Jika pelatih menilainya sudah bisa beradaptasi dengan baik, Pratama Arhan diprediksi akan memulai pertandingan dari bangku cadangan di laga tersebut.
 
Namun, jika benar-benar dimainkan, maka Pratama Arhan akan menjalani debut bersama Tokyo Verdy sembari menunaikan ibadah puasa Ramadhan 2022 1443 H.
 
 
Umat Islam di seluruh dunia memang akan mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2022 1443 H pada hari yang sama, yaitu Minggu 3 April 2022.
 
Dikutip dari laman Food Diversity, Pratama Arhan akan menjalani puasa selama sekitar 16 jam. Waktu sahur di Jepang dimulai sekitar pukul 03.00 dini hari.
 
Jadwal shalat Subuh sekitar pukul 03.30 waktu setempat, sehingga makan sahur sudah harus diselesaikan sebelum waktu tersebut, atau sebelum imsak.
 
Sedangkan jadwal berbuka puasa sekitar pukul 18.15-18.20 waktu setempat. Pada malam hari, dilanjutkan dengan ibadah shalat Tarawih dan Witir.
 
 
Pratama Arhan sendiri menegaskan dirinya akan tetap berupaya menunaikan ibadah puasa Ramadhan 2022 seperti biasanya ketika dia masih di Indonesia.
 
Meski begitu, pemain berusia 20 tahun itu mengaku tidak akan memaksakan diri untuk berpuasa, jika ternyata kegiatannya bersama Tokyo Verdy terlalu berat.
 
"Misal ada situasi yang tidak memungkinkan untuk puasa, seperti saat pertandingan atau karena cuaca, saya tidak akan puasa," ucap Pratama Arhan.
 
Namun, jika dia tidak bisa berpuasa, maka Pratama Arhan sudah berjanji akan menggantinya di lain waktu, sesuai dengan ketentuan dalam agama Islam.
 
 
"Namun, nanti akan diganti selesai Lebaran. Untuk makanan, selama ini semua aman," kata mantan pemain PSIS Semarang itu lagi, dilansir Antaranews.com.
 
Seperti diketahui, pertandingan J2 League 2022 sendiri biasa dilaksanakan pada siang hari, sekitar pukul 14.00 waktu setempat, atau pukul 12.00 WIB.
 
Dengan begitu, Pratama Arhan dipastikan tidak akan bisa menjalani puasa jika Tokyo Verdy mendapatkan jadwal pertandingan yang berlangsung siang hari.
 
Sedangkan laga Tokyo Verdy vs Oita Trinita pekan ini dimulai pukul 15.00 waktu setempat atau 17.00 WIB. Jadwal ini juga masih dalam waktu puasa.***

Editor: IDHY ADHYANINDA SUGENG MULYANDINI

Sumber: ANTARA Foodiversity


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah