Hasil Drawing Piala Dunia 2022: Juara Bertahan Masuk Grup Mudah, Argentina-Brasil serta Duel Spanyol-Jerman?

- 2 April 2022, 06:11 WIB
Hasil drawing Piala Dunia 2022. /Twitter @FIFAWorldCup
Hasil drawing Piala Dunia 2022. /Twitter @FIFAWorldCup /
KABARMEGAPOLITAN.com - Hasil drawing Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Doha, Qatar akhirnya terungkap pada Sabtu 2 April 2022 dini hari WIB.
 
Drawing Piala Dunia 2022 membagi 32 peserta turnamen empat tahunan ini ke dalam delapan grup. Pembagian ditentukan melalui pengundian dari empat pot.
 
Drawing Piala Dunia 2022 menghasilkan duel Spanyol vs Jerman di babak penyisihan. Kedua tim raksasa Eropa ini tergabung di 'grup neraka', Grup E.
 
Grup E juga diramaikan tim kuat Asia, Jepang, serta pemenang play-off antara wakil Zona CONCACAF, Kosta Rika vs Selandia Baru dari Zona OCF (Oseania). 
 
 
Sedang juara bertahan Piala Dunia 2018, Prancis termasuk beruntung, karena masuk ke dalam grup yang terbilang enteng di penyisihan Piala Dunia 2022.
 
Prancis tergabung di Grup D bersama Denmark dan Tunisia, serta pemenang play-off Zona AFC vs Zona CONMEBOL, Uni Emirat Arab/Australia vs Peru.
 
Meski begitu, Prancis harus berhati-hati jika ingin bersaing mempertahankan gelar juara, karena Denmark dan Tunisia bisa berpotensi jadi kuda hitam.
 
Sementara dua tim raksasa dari Amerika Selatan, Argentina-Brasil juga masuk ke grup yang terbilang tidak terlalu sulit pada penyisihan Piala Dunia 2022.
 
 
Argentina berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko dan Polandia. Sedangkan Brasil tergabung dengan Serbia, Swiss dan Kamerun di Grup G.
 
Jika kedua negara ini bisa menjaga konsistensi permainan mereka seperti selama kualifikasi, maka diyakini bisa lolos dari penyisihan dengan mudah.
 
Selain itu, Grup B juga bisa dibilang 'panas', tapi bukan karena kekuatan tim yang setara, melainkan karena perseteruan setiap negara dalam politik.
 
Grup B diisi oleh Inggris, Iran dan Amerika Serikat yang sudah diketahui berseteru dalam peta politik global selama beberapa dekade terakhir.
 
 
Grup ini juga akan diramaikan Ukraina jika bisa lolos dari Jalur A play-off kualifikasi Eropa, jika bisa mengalahkan Skotlandia hingga Wales di final.
 
Sebenarnya, Rusia juga bisa masuk grup ini bersama Inggris, Iran dan AS jika mereka tidak dicoret FIFA, yang akhirnya meloloskan Wales ke final play-off.
 
Drawing Piala Dunia 2022 ini sendiri digelar di The Doha Exhibition and Convention Center (DECC), Doha, Qatar, sebagai tuan rumah event kali ini.
 
Pengundian berlangsung pada Jumat 1 April 2022 pukul 19.00 waktu setempat atau sekitar pukul 23.00 WIB, hingga Sabtu 2 April 2022 dini hari WIB.
 
 
Pengundian dibantu oleh sejumlah legenda sepak bola dunia, di antaranya Cafu (Brasil), Lothar Matthaus (Jerman), hingga Adel Ahmed MalAllah (Qatar).
 
Lalu, juga ada Ali Daei (Iran), Bora Milutinovic (Serbia/Meksiko), Jay-Jay Okocha (Nigeria), Rabah Madjer (Aljazair) dan Tim Cahill (Australia).
 
Sebanyak 29 negara dari 32 tim peserta sudah memastikan diri lolos ke Qatar. Mereka ditempatkan ke dalam Pot 1 sampai 4 berdasarkan Rangking Dunia FIFA.
 
Masing-masing pot berisi delapan tim. Sebagai tuan rumah, Qatar mendapat posisi A1 dari Pot 1, bergabung dengan tujuh tim Rangking FIFA tertinggi.
 
Delapan negara berikutnya yang menempati Peringkat FIFA tertinggi masuk Pot 2, begitu seterusnya hingga Pot 4. Sedang tiga tiket tersisa masuk ke Pot 4.
 
 
Berikut daftar lengkap hasil drawing Piala Dunia 2022.
 
Grup A
Qatar
Ekuador
Senegal
Belanda
 
Grup B
Inggris
Iran
Amerika Serikat
Pemenang UEFA Play-off (Ukraina/Skotlandia vs Wales)
 
Grup C
Argentina
Arab Saudi
Meksiko
Polandia
 
Grup D
Prancis
Pemenang Intercontinental Play-off 1 (Uni Emirat Arab/Australia vs Peru)
Denmark
Tunisia
 
 
Grup E
Spanyol
Pemenang Intercontinental Play-off 2 (Kosta Rika vs Selandia Baru)
Jerman
Jepang
 
Grup F
Belgia
Kanada
Maroko
Kroasia
 
Grup G
Brasil
Serbia
Swiss
Kamerun
 
Grup H
Portugal
Ghana
Uruguay
Korea Selatan
 
 
Piala Dunia 2022 sendiri dimulai 21 November 2022 sampai 18 Desember 2022. Babak penyisihan grup berlangsung 12 hari dengan empat laga per hari.
 
Jadwal pertandingan putaran final akan dikonfirmasikan setelah hasil drawing ditetapkan sesuai stadion dan waktu kick-off untuk setiap hari pertandingan.***

Editor: IDHY ADHYANINDA SUGENG MULYANDINI

Sumber: FIFA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah